Cara Mudah Agar Cepat Tidur

Tidak semua orang bisa dengan cepat tidur pada malam hari, karena sebagian ada juga yang kesulitan tidur atau dikenal dengan istilah insomnia. Jika hal ini terus terjadi setiap hari akan sangat sangat berpengaruh besar pada kesehatan karena tubuh tidak mendapat porsi istirahat yang ideal.

Penyebab susah tidur disebabkan beberapa faktor, contohnya adalah stress, banyak minum cafein dll. Jika anda salah satu orang yang mengalami susah tidur, cobalah beberapa tips berikut ini yang sudah terbukti membantu anda agar cepat tidur.

Cara Mudah Agar Cepat Tidur

Beberapa Tips dan Cara Supaya Cepat Tidur


Atur Suhu Udara
Suhu udara di dalam ruangan kamar anda merupakan salah satu faktor agar tubuh menjadi nyaman, menurut para pakar kesehatan bahwa suhu ideal supaya cepat tidur adalah 18 derajat Celcius. Jadi jaga suhu ruangan anda jangan terlalu dingin atau terlalu panas.

Mengepalkan Jari-jari Kaki
Menurut Catherine Darley, ND, direktur Institute of Naturopathic Sleep Medicine di Seattle mengatakan cobalah teknik relaksasi progresif saat hendak tidur. Yaitu dengan cara tekuk jari-jari kaki Anda dalam tujuh hitungan, kemudian lepaskan. Ulangi melalui masing-masing kelompok otot, dimulai dari jari-jari kaki hingga ke leher.

Berhenti Menatap Jam
Menurut Joyce Walsleben, PhD, profesor tamu di NYU School of Medicine dengan sering melihat jam saat anda akan tidur atau sudah terbangun, itu justru akan meningkatkan kewaspadaan anda dan mengacaukan waktu tidur anda.

Relaksasi dan Atur Pernapasan
Melakukan relaksasi tubuh dan pikiran sebelum tidur sangat dianjurkan, lupakan semua permasalahan hidup dan fokus pada hal-hal yang membuat pikiran anda tenang dan nyaman.

Matikan TV, Ponsel dan Gadget
Jika anda termasuk salah satu orang yang membutuhkan alunan musik atau suara-suara sebelum tidur, cobalah untuk mengubah kebiasaan ini, disamping untuk menghemat energi, dengan meletakkan ponsel di samping bantal akan berdampak pada kesehatan karena radiasi yang terus terpancar.